Sabtu, 19 Maret 2011

Mempersiapkan Anak Masuk TK

Mempersiapkan Anak Masuk TK

Sebenarnya tidak ada persiapan formal utuk masuk TK, keculi bagi sekolah yang memang mengharuskan muridnya sudah bisa BAK dan BAB tanpa ditolong. Untuk memasuki TK selain batasan umur, juga adalah pertimbangan kesiapan anak untuk bersekolah. Diantaranya sebagai berikut :

1. Perkembangan bahasa

Anak sudah mampu mengatakan keinginananya, menceritakan kembaliapa yang dilihat,berbicara satu kalimat yang teratur, menyanyi, mengikuti petunjuk sederhana, berkomunikas dengan orang dewasa dan teman-temannya.

2. Perkembangan Sosial dan Emosi

Apakah anak sudah mau berbagi dengan teman-temannya, berpartisi-pasi dalam kelompok, sudah dapat menikmati kebersamaan dengan teman seusianya, dalam menerima pelajaran apakah anak sudah memiliki keseriusan mengikuti petunjuk guru,aturan dan perintah ringan.

3. Ketrampilan Motorik

Anak mampu melakukan ketrampilan motorik kasar, seperti berjalan, berlari dan melompat, dan menaiki tangga. Motorik halus seperti,menyendok makanan nya sendiri, memegang pensil.

4.. Keperayaan Diri

Sikap percaya dirimenunjukkan bahwa anak mampu berpisah dari orang tuanya untuk beberapa waktu, serta melakuakan beberapa hal dengan mandiri.anak juga sudah memiliki kemampuan bermain.



Untuk mempersiapkan anak masuk sekolah, sebaiknya anak harus mulai dipersiapkan dari rumah. Kita bisa mulai menanamkan pada dirinya bahwa ia bukan bayi lagi. Secara bertahap,kita mulai menjauhkan barang-barang bayi miliknya, seperti botolsusu, ataupun selimut kesayangannya. Mulai memberikan penghargaan saat anak menunjukkan keberhasilannya. Kita pun mulai menghentikan mengajak anak berbicara dengan kata-kata bayi.

Mulailah mengasah ketrampilan sosialnya, yaitu ketrampilan untuk berhubungan dengan orang-orang lain sekitarnya, misalnya jangan selalu menyelamatkan anak saat bermain bersama teman-temannya. Setiap kali anak punya persoalan dan lari meminta tolong kepada kita, mintalah anak berusaha menyelesaikan sendiri dulu, karena tentunya anak masih membutuhkan kita sebagai orang tua. Doronglah anak untuk menyelesaikan persoalan dngan temannya, karena keberhasilannya dalam mengatasi masalah kan menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Agar anak terbebas dari kecemasan ketika pertama kali akan masuk sekolah, kita dapat melakukan hal-hal sebagai berikut :

- Sejak jauh-jauh hari katakan pada anak rencana memasukkannya ke sekolah.

- Ungkapkan bahwa sekolah itu bukanlah tempat yang menakutkan.

- Jangan memasukkan anak ke sekolah hanya karena dorongan untuk mengubah kelakuan si anak yangtidak berkenan di hati.

- Persiapanuntuk masuk sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain menggunakan media boneka untuk mengisahkan betapa menyenangkan bersekolah.

- Bila kakaknya sudah sekolah, tak ada salahnya mengajak adiknya sesekali ke sekolah Di sekolah anak dapat melihat langsung kegiatan bersekolah juga belajar bahwa sekolah itu seseorang anak tak perlu ditunggui orang tua.

- Dengan demikian anak akan merasa bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar