Jumat, 29 Oktober 2010

Dunia Si Kecil

Dunia Si Kecil

Category : Toddler

Saya copy paste dari : http://www.bettermomtoday.com/moms_journal/dunia-si-kecil



Menurut Mommy seputar apakah dunia si kecil? Sebenarnya dunia si kecil adalah dunia yang penuh dengan permainan yang menyenangkan. Banyak orang tua di Amerika, menanyakan kepada child care kenapa anak-anak balita mereka Cuma tahu bermain-main saja, dan tidak belajar tentang hal yang serius? Banyak orang tua menginginkan melihat anak mereka cepat pandai, duduk diam dan belajar dengan serius, daripada harus menemani anaknya bermain-main.

Pada dasarnya permainan adalah dunia si kecil. Biarkan si kecil menikmati mas kecilnya yang tak akan terulang dua kali di dalam hidupnya. Namun, pada dasarnya melalui permainanlah si kecil banyak belajar dan mengenal hal-hal yang baru. Contohnya : membuat si kecil duduk manis, dan kemudian mendiktenya huruf ABC akan menjadi suatu hal yang sulit karena dia ingin bergerak terus dan bermain, akan lebih baik kalau Mommy menggunakan puzzle lucu dengan bentuk huruf ABC. Si kecil akan dengan senang hati belajar tanpa harus kehilangan keriangannya dan merasa tetap gembira.

Tapi memang diperlukan kepekaan Mommy untuk membimbing si kecil. Lihatlah apa yang dia sukai, ada anak yang memang suka untuk duduk manis dan belajar sesuatu. Namun sebagian besar anak balita akan selalu bergerak aktif dan hanya diam saat mereka sudah lelah. Dan di saat lelah, bukan saat yang tepat untuk memaksa dia kembali belajar. Kreatiflah dalam mendidik si kecil, namun hindari pemaksaan yang buat si kecil stres.

Bermain adalah cara alami seorang anak belajar tentang dunianya, dan sama pentingnya dengan aktifitas lain seperti makan atau tidur untuk pertumbuhannya secara keseluruhan. Berbagai jenis permainan menstimulasi perkembangan otak anak di masa-masa emas pertumbuhan mereka tanpa paksaan. Bermain juga sebagai sarana awal meletakkan fondasi untuk perkembangan belajarnya di kemudian hari. Dunia si kecil yang seakan-akan hanya penuh dengan permainan saja, bukanlah sesuatu hal yang sia-sia. Dari situlah si kecil akan belajar banyak hal yang terkadang kita orang dewasa tidak menyadarinya dan menganggapnya remeh.

Seperti permainan blok, merangsang otak si kecil untuk mengerti konsep bentuk, ukuran, panjang, dan juga lokasi. Dengan permainan seni seperti menggambar mereka akan belajar tentang warna, padu padan warna, dan bagaimana menuangkan apa yang ada di pikiran mereka ke dalam bentuk nyata. Dan tentunya merangsang imaginasi dan kreatifitas mereka. Permainan alam di sekitar rumah akan membuat si kecil mulai belajar konsep sains dan berbagai bentuk yang ada di alam. Belajar tentang warna daun, pepohonan, awan, serta belajar banyak hal baru baik dengan meraba, melihat, mencium bau-bauan. Jadi, janganlah takut jika si kecil terus bermain, karena itulah caranya menikmati hidup di dunianya masih sangat terbatas. Temani saja, dan sisipkan hal-hal yang mendidik di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar