Hasil Copas dari Bettermomtoday
Pertumbuhan Otak Si Kecil
Melihat tahap pertumbuhan si kecil merupakan suatu hal yang menakjubkan. Dalam setahun pertama kehidupan bayi, banyak sekali perkembangan yang bisa dinikmati oleh para ibu. Belum lagi jika Mommy mengetahui dan belajar perkembangan si kecil yang tidak terlihat seperti bagian otak si kecil. Tahapn yang menakjubkan, berbahagialah Mommy yang telah dikaruniai si kecil.
Saraf otak pada awalnya terbentuk sekitar hari ke-16 saat kehamilan. Mulai terbentuk lempeng saraf yang dalam perkembangannya akan menggulung dan membentuk tabung saraf, kemudian diikuti produksi sel-sel saraf. Diikuti dengan perkembangan otak besar, batang otak, otak kecil, dan bagian-bagian otak lainnya. Bertumbuh terus dengan pesat dan mencapai puncaknya pada trisemester ketiga kehamilan.
Saat baru lahir, otak bayi hanya 25% dari otak orang dewada, sekitar 350 gram. Seiring dengan pertumbuhan satu tahun si kecil, volume otak mencapai 70% otak dewasa (sekitar 1200 gram). Jumlah sel neuron pada otak si kecil mencapai 100 miliar saat usianya satu tahun. Usia yang penting untuk masa pertumbuhan otak si kecil. Disini peran orangtua-lah yang sangat penting, untuk memberikan dorongan dan rangsangan untuk perkembangan si kecil.
Ternyata, pertumbuhan dan perkembangan otak anak perempuan lebih cepat dibandingkan dengan anak laki-laki, meski dari sisi ukuran biasanya otak anak laki-laki lebih besar daripada perempuan. Faktor penting yang mempengaruhi perkembangan otak anak yaitu genetik dan lingkungan. Genetik berkaitan dengan kondisi kesehatan dan gizi si kecil waktu di dalam kandungan. Sehingga harus dipastikan asupan gizi dan makanan ibu hamil benar-benar mencukupi kebutuhan tumbuh kembang si kecil. Faktor lingkungan berkaitan dengan peran orangtua. Bagaimana orang tua berinteraksi dengan si kecil, suara yang didengar oleh si kecil, belaian lembut, nyanyian atau musik untuknya, sampai bacakan buku untuknya dapat menstimulasi tumbuh kembang si kecil.
Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa si kecil jauh lebih belajar dengan cepat jika ia mendengar secara langsung suara orangtua daripada ia melihat dari tayangan televisi. Jadi, anak akan menangkap stimulasi langsung dari interaksi dengan orangtua jauh lebih baik daripada hanya melihat dan menonton sebuah tayangan edukatif. Dampingi perkembangan si kecil, nikmati setiap inci pertumbuhannya, dan lihatlah dia bertumbuh menjadi besar dan menjadi kebanggaan Mommy dan suami. Jangan lewatkan masa-masa berharga tersebut :)
Rabu, 19 Januari 2011
Minggu, 26 Desember 2010
Kecerdasan dan Kreativitas
Kecerdasan adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan menghadapi lingkungannya secara efektif. Jadi kecerdasan dapat disimpulkan sebagai kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Karena itu, kecerdasan tidak dapat diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan perwujudan dari proses berpikir rasional itu. Umumnya kecerdasan ini dapat disimpulkan atau diukur dari beberapa tes seperti tes IQ, Tes Stanford_Binet,. Tes Binet-Simon dll.
Sedangkan kreativitas merupakan salah satu ciri dari perilaku yang cerdas karena kreativitas juga merupakan perwujudan dari suatu proses kognitif(pola berpikir). Setiap orang berpotensi menjadi kreatif, karena Kreativitas itu dapat dipupuk dan dibentuk sehingga setiap orang memiliki peluang menjadi kreatif. Contohnya: sampah non organic seperti plastic atau botol-botol bias dibentuk menjadi mainan.
Untuk bias menjadi kreatif tidak harus mempunyai IQ yang superior, karena orang yang mempunyai IQ yang normal ataupun biasa-biasa saja dapat juga melakukannya.
Kreativitas itu pilihan, bukan bakat. Setiap anak berpotensi menjadi kreatif.
Kreativitas dapat dipupuk dan dibentuk sehingga setiap anak memiliki peluang
menjadi kreatif.
Tanda Anak Kreatif dan Tips Memfasilitasi
http://www.sahabatnestle.co.id/HOMEV2/main/dunia-dancow/tksk_balita.asp?id=1485
Kreativitas = Seni?
Saat bertanya siapa contoh tokoh kreatif, banyak orang menyebutkan, Leonardo da
Vinci, Basuki Abdullan, Melly Goeslow, Ramli, Peter Saerang, Deddy Mizwar, dan
beberapa artis lainnya. Kreativitas tak hanya sebatas pada bidang seni, tetapi
merupakan sikap (attitude) yang tak hanya melibatkan pola pikir melainkan
kemampuan anak menyelesaikan masalah.
Banyaknya orang meraih kesuksesan karena kreativitas selain di bidang seni,
misalnya Bill Gates contoh pengusaha kreatif yang bermula dari mimpi, di setiap
rumah tangga selayaknya ada personal komputer. Kreatif tak hanya memiliki dan
menjalankan ide, namun juga mampu mencari keunggulan dari kreativitas itu.
Misalnya berani mengganti bumbu resep masakan dan akhirnya menemukan rasa
masakan yang unik.
Fasilitasi anak belajar menemukan solusi sendiri dengan mempertimbangkan
beberapa kemungkinan dan berani mengambil resiko atas pilihannya. Ia juga
berani menunjukkan bahwa dirinya bisa berteman dengan masalah serta mampu
melihat peluang, memiliki ide orisinil dan independen. Ajarkan anak menjadikan
masalah layaknya sebuah bisnis, seni, atau ilmu pengetahuan. Sehingga sikap
kreatif menjadi suatu kebiasaan.
Kreativitas adalah pilihan, bagaimana seseorang mampu menanggapi situasi juga
bisa dikatakan kreatif. Setiap anak berpotensi menjadi kreatif, seperti yang
dikatakan seorang pendidik kenamaan dari Inggris, Arthur J Cropley, bahwa tak
seorang pun yang tidak memiliki kreativitas, karena jika demikian sama seperti
tidak memiliki kepintaran sama sekali. Tidak kreatif berarti anak tidak
berpikir dan tidak melakukan apa-apa. Sebab itu, sangat kecil kemungkinannya
orangtua tak mampu membentuk kreativitas anak.
Orangtua bisa menjadi contoh bagi anak berlaku kreatif. Coba pikirkan kembali
tindakan Anda saat menghadapi beberapa masalah. Apakah Anda melupakannya, atau
mengandalkan orang lain menghadapi masalah, atau mencoba menarik diri saat
tidak bisa menemukan solusi? Melalui pertanyaan ini, orangtua bisa menilai
sendiri, kesiapan menjadi contoh bagi anak. Langkah pertama yang dapat orangtua
lakukan yaitu mengenali dan mengembangkan kreativitas diri sebelum
mengembangkan kreativitas anak.
Kreativitas di Kehidupan Sehari-hari
Dalam keseharian orangtua bisa memberi contoh kreatif pada anak. Misalnya,
ketika menyusuri perjalanan pulang sekolah, Anda menemukan seorang pria duduk
di sudut jalan berjualan nasi kotak. Ajak anak melihat kondisi dari perspektif
yang berbeda, yaitu cara menjual makanan di jalanan merupakan salah satu solusi
mendapatkan uang.
Kita sering melihat tukang sampah, mengangkut gerobak yang berat dengan
menggunakan prinsip kuda menarik beban, sehingga beban dapat menjadi lebih
ringan. Dengan menggunakan imajinasinya dan menggunakan prinsip yang ada,
tukang sampah tersebut dapat mencari solusi dalam pekerjaannya.
Atau sekelompok anak yang memiliki ide untuk menciptakan jenis pena baru. Usaha
pertama dilakukan dengan mengisi sedotan dengan tinta yang ditutup dengan kain
pada satu sisi. Usaha ini tidak berhasil karena diameter sedotan terlalu kecil,
lalu mereka mencoba dengan menggunakan selang yang lebih besar. Kelihatannya
lebih baik, tetapi ternyata tinta cepat habis. Mereka tidak putus asa, akhirnya
mereka menemukan cara dengan menutup kedua ujung selang dengan kain. Mereka
menamai pena temuan baru ini lipstick pen.
Ciri-ciri Hal-hal yang bisa orangtua lakukan
Sadar bahwa dirinya kreatif. 1.. Jangan pernah mengatakan "Saya tidak
kreatif".
2.. Bagikan cerita kepada anak anda tentang problem yang anda hadapi
dan bagaimana cara anda mengatasinya.
3.. Pada saat anak anda menghadapi masalah, katakan kepadanya "Mama
yakin kita bisa mengatasi persoalan ini, kita hanya perlu berpikir."
Berpikiran terbuka untuk ide-ide baru dan menolak penilaian yang
premature. 1.. Dengarkan anak anda sebelum membuat komen apapun.
2.. Pada saat anak memberi ide, berikan komen yang positif terlebih
dulu sebelum mengkritiknya.
Selalu penasaran menemukan solusi yang tepat. 1.. Pada saat memikirkan
solusi, dorong dan bantulah anak untuk memikirkan paling tidak 2 alternatif
solusi, kemudian tanyakan solusi yang mana yang lebih disukai. Atau tanyalah,
"Kamu punya ide apa lagi ?"
Berani mengambil risiko dalam mencoba sesuatu yang baru. 1.. Pada saat
anak ragu-ragu, katakan kepadanya, "Kamu tidak akan pernah tahu kalau tidak
mencoba."
2.. Bila anakmencoba sebuah ide tetapi tidak berhasil sesuai harapan,
tanyalah, "Apa yang dapat engkau pelajari dari ini ? Paling tidak kita telah
tahu apa yang seharusnya tidak kita lakukan lain kali."
Tidak takut kepada problem yang sulit dan tidak mempunyai jawaban yang
pasti 1.. Mengerti bahwa problem yang terbuka (open ended) adalah problem yang
tidak memiliki satu jawaban yang benar.
2.. Berikan kepada anak setiap hari sebuah problem yang open ended,
misalnya kita hari ini tidak punya air untuk memasak nasi, apa yang harus kita
lakukan?
Orisinil, berpikir sesuatu yang baru dan tidak umum. 1.. Pada saat
bermain game, katakan kepada anak "Mari kita memikirkan permainan yang belum
pernah kita lakukan."
2.. Pada waktu memikirkan ide untuk projek di sekolah, katakan kepada
anak "Ayo kita pikirkan sesuatu yang belum pernah dipikirkan orang lain. Kita
buat sesuatu yang menarik dan lain dari yang lain."
Independen yakni percaya akan pemikirannya. 1.. Hindari steriotype anak
anda (misalnya apa yang harus dilakukan oleh anak laki atau perempuan).
2.. Bangunlah rasa percaya diri anak.
Mampu memotivasi diri 1.. Berikan anak berbagai pengalaman yang berbeda
untuk membantunya menemukan apa yang ia sukai dan tidak ia sukai.
2.. Mengidentifikasi minat anak dan membantunya mengembangkan minat
tersebut.
Sedangkan kreativitas merupakan salah satu ciri dari perilaku yang cerdas karena kreativitas juga merupakan perwujudan dari suatu proses kognitif(pola berpikir). Setiap orang berpotensi menjadi kreatif, karena Kreativitas itu dapat dipupuk dan dibentuk sehingga setiap orang memiliki peluang menjadi kreatif. Contohnya: sampah non organic seperti plastic atau botol-botol bias dibentuk menjadi mainan.
Untuk bias menjadi kreatif tidak harus mempunyai IQ yang superior, karena orang yang mempunyai IQ yang normal ataupun biasa-biasa saja dapat juga melakukannya.
Kreativitas itu pilihan, bukan bakat. Setiap anak berpotensi menjadi kreatif.
Kreativitas dapat dipupuk dan dibentuk sehingga setiap anak memiliki peluang
menjadi kreatif.
Tanda Anak Kreatif dan Tips Memfasilitasi
http://www.sahabatnestle.co.id/HOMEV2/main/dunia-dancow/tksk_balita.asp?id=1485
Kreativitas = Seni?
Saat bertanya siapa contoh tokoh kreatif, banyak orang menyebutkan, Leonardo da
Vinci, Basuki Abdullan, Melly Goeslow, Ramli, Peter Saerang, Deddy Mizwar, dan
beberapa artis lainnya. Kreativitas tak hanya sebatas pada bidang seni, tetapi
merupakan sikap (attitude) yang tak hanya melibatkan pola pikir melainkan
kemampuan anak menyelesaikan masalah.
Banyaknya orang meraih kesuksesan karena kreativitas selain di bidang seni,
misalnya Bill Gates contoh pengusaha kreatif yang bermula dari mimpi, di setiap
rumah tangga selayaknya ada personal komputer. Kreatif tak hanya memiliki dan
menjalankan ide, namun juga mampu mencari keunggulan dari kreativitas itu.
Misalnya berani mengganti bumbu resep masakan dan akhirnya menemukan rasa
masakan yang unik.
Fasilitasi anak belajar menemukan solusi sendiri dengan mempertimbangkan
beberapa kemungkinan dan berani mengambil resiko atas pilihannya. Ia juga
berani menunjukkan bahwa dirinya bisa berteman dengan masalah serta mampu
melihat peluang, memiliki ide orisinil dan independen. Ajarkan anak menjadikan
masalah layaknya sebuah bisnis, seni, atau ilmu pengetahuan. Sehingga sikap
kreatif menjadi suatu kebiasaan.
Kreativitas adalah pilihan, bagaimana seseorang mampu menanggapi situasi juga
bisa dikatakan kreatif. Setiap anak berpotensi menjadi kreatif, seperti yang
dikatakan seorang pendidik kenamaan dari Inggris, Arthur J Cropley, bahwa tak
seorang pun yang tidak memiliki kreativitas, karena jika demikian sama seperti
tidak memiliki kepintaran sama sekali. Tidak kreatif berarti anak tidak
berpikir dan tidak melakukan apa-apa. Sebab itu, sangat kecil kemungkinannya
orangtua tak mampu membentuk kreativitas anak.
Orangtua bisa menjadi contoh bagi anak berlaku kreatif. Coba pikirkan kembali
tindakan Anda saat menghadapi beberapa masalah. Apakah Anda melupakannya, atau
mengandalkan orang lain menghadapi masalah, atau mencoba menarik diri saat
tidak bisa menemukan solusi? Melalui pertanyaan ini, orangtua bisa menilai
sendiri, kesiapan menjadi contoh bagi anak. Langkah pertama yang dapat orangtua
lakukan yaitu mengenali dan mengembangkan kreativitas diri sebelum
mengembangkan kreativitas anak.
Kreativitas di Kehidupan Sehari-hari
Dalam keseharian orangtua bisa memberi contoh kreatif pada anak. Misalnya,
ketika menyusuri perjalanan pulang sekolah, Anda menemukan seorang pria duduk
di sudut jalan berjualan nasi kotak. Ajak anak melihat kondisi dari perspektif
yang berbeda, yaitu cara menjual makanan di jalanan merupakan salah satu solusi
mendapatkan uang.
Kita sering melihat tukang sampah, mengangkut gerobak yang berat dengan
menggunakan prinsip kuda menarik beban, sehingga beban dapat menjadi lebih
ringan. Dengan menggunakan imajinasinya dan menggunakan prinsip yang ada,
tukang sampah tersebut dapat mencari solusi dalam pekerjaannya.
Atau sekelompok anak yang memiliki ide untuk menciptakan jenis pena baru. Usaha
pertama dilakukan dengan mengisi sedotan dengan tinta yang ditutup dengan kain
pada satu sisi. Usaha ini tidak berhasil karena diameter sedotan terlalu kecil,
lalu mereka mencoba dengan menggunakan selang yang lebih besar. Kelihatannya
lebih baik, tetapi ternyata tinta cepat habis. Mereka tidak putus asa, akhirnya
mereka menemukan cara dengan menutup kedua ujung selang dengan kain. Mereka
menamai pena temuan baru ini lipstick pen.
Ciri-ciri Hal-hal yang bisa orangtua lakukan
Sadar bahwa dirinya kreatif. 1.. Jangan pernah mengatakan "Saya tidak
kreatif".
2.. Bagikan cerita kepada anak anda tentang problem yang anda hadapi
dan bagaimana cara anda mengatasinya.
3.. Pada saat anak anda menghadapi masalah, katakan kepadanya "Mama
yakin kita bisa mengatasi persoalan ini, kita hanya perlu berpikir."
Berpikiran terbuka untuk ide-ide baru dan menolak penilaian yang
premature. 1.. Dengarkan anak anda sebelum membuat komen apapun.
2.. Pada saat anak memberi ide, berikan komen yang positif terlebih
dulu sebelum mengkritiknya.
Selalu penasaran menemukan solusi yang tepat. 1.. Pada saat memikirkan
solusi, dorong dan bantulah anak untuk memikirkan paling tidak 2 alternatif
solusi, kemudian tanyakan solusi yang mana yang lebih disukai. Atau tanyalah,
"Kamu punya ide apa lagi ?"
Berani mengambil risiko dalam mencoba sesuatu yang baru. 1.. Pada saat
anak ragu-ragu, katakan kepadanya, "Kamu tidak akan pernah tahu kalau tidak
mencoba."
2.. Bila anakmencoba sebuah ide tetapi tidak berhasil sesuai harapan,
tanyalah, "Apa yang dapat engkau pelajari dari ini ? Paling tidak kita telah
tahu apa yang seharusnya tidak kita lakukan lain kali."
Tidak takut kepada problem yang sulit dan tidak mempunyai jawaban yang
pasti 1.. Mengerti bahwa problem yang terbuka (open ended) adalah problem yang
tidak memiliki satu jawaban yang benar.
2.. Berikan kepada anak setiap hari sebuah problem yang open ended,
misalnya kita hari ini tidak punya air untuk memasak nasi, apa yang harus kita
lakukan?
Orisinil, berpikir sesuatu yang baru dan tidak umum. 1.. Pada saat
bermain game, katakan kepada anak "Mari kita memikirkan permainan yang belum
pernah kita lakukan."
2.. Pada waktu memikirkan ide untuk projek di sekolah, katakan kepada
anak "Ayo kita pikirkan sesuatu yang belum pernah dipikirkan orang lain. Kita
buat sesuatu yang menarik dan lain dari yang lain."
Independen yakni percaya akan pemikirannya. 1.. Hindari steriotype anak
anda (misalnya apa yang harus dilakukan oleh anak laki atau perempuan).
2.. Bangunlah rasa percaya diri anak.
Mampu memotivasi diri 1.. Berikan anak berbagai pengalaman yang berbeda
untuk membantunya menemukan apa yang ia sukai dan tidak ia sukai.
2.. Mengidentifikasi minat anak dan membantunya mengembangkan minat
tersebut.
Selasa, 07 Desember 2010
Senin, 01 November 2010
Tanda-Tanda Dari Hewan Jika Akan Terjadi Bencana Alam
Hasil copas; dari kembang anggrek
Hewan-hewan lebih dekat dengan alam daripada kebanyakan manusia. Alam merupakan tempat tinggal para hewan sejak awal mereka ada di bumi. Bahkan bila hewan dijadikan binatang peliharaan dan tinggal di rumah bersama-sama manusia, insting hewan tak berkurang. Mereka masih memiliki koneksi erat dengan alam.
Seperti yang sudah sering kita saksikan dan hadapi, banyak sekali bencana alam terjadi belakangan ini. Bahkan bisa lebih banyak lagi akibat kerusakan-kerusakan yang dibuat sendiri oleh manusia. Banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, badai, topan semuanya memakan banyak korban jiwa dan materi. Pengalaman membuktikan bahwa hewan-hewan dapat mendeteksi dini bencana alam dan membuat mereka selamat dari bencana. Kita sebagai manusia dapat memperhatikan hubungan erat antara hewan dengan alam yang nantinyapun akan dapat membantu kita mengurangi resiko dari bencana alam, termasuk kemungkinan menyelamatkan nyawa kita.
Disini saya akan membagikan berbagai pengalaman manusia (termasuk pengalaman pribadi) di berbagai wilayah yang selamat dari bencana alam dengan memperhatikan tanda atau petunjuk dari hewan-hewan pada kita manusia.
IKAN LELE & GEMPA
Di Jakarta dan berbagai kota metropolitan di dunia, rumah di atas tanah harganya jauh lebih mahal daripada tinggal di apartemen. Sehingga banyak sekali penduduk yang memilih tinggal di apartemen untuk efektivitas biaya. Apartemen yang dibangun bila kita amati perkembangannya semakin tinggi struktur bangunannya. Untuk keamanan dan kenyamanan para penghuni, manajemen apartemen biasanya mengadakan latihan evakuasi, baik dari kebakaran atau gempa. Ini hal yang cukup baik mengurangi resiko kecelakaan dan banyaknya korban. Bagi penghuni apartemen di lantai atas, evakuasi memakan waktu cukup lama.
Bagi para penghuni apartemen, hal lain yang dapat dimanfaatkan adalah dengan memelihara ikan lele. Sekelompok lele dipelihara dalam akuarium kaca atau kolam dalam apartemen. Lele memikiki sensitifitas tinggi terhadap pergerakan tanah termasuk gempa, bahkan walaupun lele diletakkan di lantai tinggi apartemen. Di Jepang, sangat disarankan bagi para penghuni partemen untuk memelihara ikan ini. Bila suatu getaran dalam tanah terjadi dan membentuk gempa, maka lele-lele peliharaan ini akan berkecipuk aktif dan mengibas-ibaskan air akuarium/kolam. Sebelum berita gempa muncul di TV atau radio, penghuni apartemen dapat bergegas melakukan evakuasi penyelamatan.
GAJAH & KRAKATAU
27 Agustus 1883 pulau gunung berapi Krakatau meletus. Gunung laut di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera ini meletus dasyat memberikan catatat terhebatnya di zaman modern. Lebih dari 36 ribu jiwa tewas baik langsung atau tidak langsung akibat letusannya.
Sebuah cerita kecil menarik perhatian para peneliti. Kota Lampung di Sumatra Bagian Selatan, yang bersebrangan dengan Krakatau. Seminggu sebelum meletus, terdapat sebuah sirkus di Lampung. Sirkus itu memiliki gajah kecil. Tiba-tiba saja gajah kecil itu meraung-raung berlarian kesana kemari dan susah dihentikan. Pawangnya dan orang-orang sirkus sangat kesulitan menghentikan kenakalan si gajah. Tak ada yang mengerti mengapa si gajah berlaku seperti itu. Lalu seminggu setelah itu Krakatau meletus. Sepertinya si gajah kecil sudah tahu terlebih dahulu akan letupan-letupan gunung dan sudah merasakan getaran-getarannya sebelum letusan hebatnya terjadi.
GAJAH & TSUNAMI
26th Desember 2004, gempa berskala besar terjadi di laut Aceh. Beberpa menit kemudian, gelombang tsunaminya melahap pantai-pantai Negara Asia Tenggara. Tak ada yang pernah menyangka akan kejadiaan ini sebelumnya. Layaknya kisah dalam kitab suci, banjir di zaman Nuh, tsunami ini menewaskan ratusan ribu orang dan kerugian material yang tak terhitung.
Satu pulau kecil di Thailand. Seorang gadis cilik berlibur bersama keluarganya. Sudah beberapa kali ia mengunjungi pulau itu. Setiap kunjungannya ia selalu menyempatkan berjalan-jalan dengan mengendarai gajah. Gajah yang ia kendarai juga selalu gajah yang sama. Pagi itu, bersama pawang gajah, gadis cilik menegendarai gajah di pinggir pantai. Sedang asiknya mereka menikmati pemandangan alam dan semilir angin pantai di atas punggung gajah, tiba-tiba saja si gajah berlari cepat, seperti ketakutan. Kontan si gadis menjerit. Si gajah tak mempedulikan dan terus berlari. Pawannyapun ikut mengejar gajahnya. Gajah berlari dan membawa si gadis cilik sampai sebuah bukit. Di atas bukit, si gadis cilik, pawang dan gajah menatap kaku. Ombak sangat besar melahap pantai tempat mereka jalan-jalan. Mereka sangat bersyukur dan tambah menyayangi si gajah. Bila gajah tak berlari, maka mereka bertiga pasti tewas menjadi korban tsunami.
ANJING & BADAI
Ini merupakan riset oleh seorang pengamat hewan peliharaan di Amerika. Perhatikan berita atau pengumuman kehilangan hewan di Koran. Rata-rata tiap hari hanya 5% pemilik kehilangan anjing peliharaan mereka. Bila tiba-tiba berita atau pengumuman kehilangan ini melonjak hingga 20-30%, dipastikan akan datang sebuah bencana alam dalam waktu satu hingga tiga hari ke depan. Sepertinya anjing-anjing itu sudah tahu sebelumnya, kemudian kabur dari pemiliknya untuk menyelamatkan diri.
LUMBA-LUMBA & TSUNAMI
Sekelompok turis tiba di sebuah pulau kecil di Thailand. Mereka menyewa satu perahu dan pelatih professional scuba
diving tuk berenang di perairan laut pulau tersebut. Mereka berangkat dini hari. Di atas kapal mereka baru saja bersiap-siap dengan peralatan renang mereka dan akan menyeburkan diri menyelam di laut. Namun, tiba-tiba sekelompok lumba-lumba datang ke perahu. Awalnya mereka senang melihat kehadiran lumba-lumba ini. Namun, para penyelam ini menyadari keanehan pada lumba-lumba. Sepertinya lumba-lumba teriak-teriak mengeluarkan suaranya dan loncat-loncat ingin diperhatikan. Salah satu penyelam menangkap tanda ini dan sepertinya lumba-lumba ingin diikuti ke arah mana mereka berenang. Mereka tak jadi menyelam tapi langsung mengarahkan kapal mengikuti lumba-lumba tersebut. Ternyata mereka menjauhi pantai menuju laut yang lebih jauh. Baru mereka sadari beberapa jam setelah itu mereka kembali ke pulau mereka menginap dan melihat pantai dan hotel-hotel telah habis oleh tsunami yang terjadi tahun 2006 itu.
CAPUNG & BANJIR
Perhatikan hewan ini di sekitar tempat tinggal kita, terutama jumlahnya. Biasanya capung terbang disekitar kita sedikit dan jarang. Agak berbeda bila tempat tinggal kita dekat dengan sungai atau danau, mereka sering terbang ke sekeliling rumah dan berkelompok. Bila tiba-tiba mereka terbang sekeliling area tempat tinggal kita dalam jumlah banyak atau sangat banyak, maka mereka menandakan air akan naik.
Bisa air laut naik atau air sungai meluap naik dan efeknya adalah : banjir.
BURUNG & PETUNJUK-PETUNJUK MEREKA
Burung-burung memberikan banyak tanda pada manusia. Mereka menjadi sahabat dan penyelamat manusia tak hanya dalam hal bencana alam skala besar, tapi juga mengenai hal-hal kecil dalam kehidupan. Saya memperhatikan kehadiran burung dan siulan mereka dalam keseharian. Menyadari bahwa burung-burung adalah penyelamat jiwa manusia dan pemberi petunjuk banyak hal, maka sebaiknya kita tak berburu dan membunuh burung. Kehadiran mereka di alam, termasuk di lingkungan tempat kita di perkotaan, menjadi alarm terbaik bagi kita manusia.
Tanda-tanda dari para burung :
• 19 Oktober 1987 tragedi Bintaro. Kecelakaan tragis antara dua kereta berlokasi di Bintaro. Tabrakan dua kereta ini menewaskan 130an orang. Sepupu saya berada di salah satu kereta tersebut. Ia selamat tanpa terluka sedikitpun. Dan sebuah kenangan yang tak akan ia lupakan, dituturkan pada siapapun yang bertanya padanya tentang kecelakaan kereta tersebut. Sebelum kecelakaan, sepupu saya berada di gerbong ketiga sebelum gerbong terakhir kereta. Keretannya meluncur dari Tanah Abang menuju Bintaro. Saat itu ia agak mengantuk. Tiba2 ia mendengar orang-orang berteriak, “Hai-hai, lihat! Burung bagus…cantik sekali”. Semua penumpang di gerbong menatap seekor burung cantik berwarna-warni yang entah dari mana ia datang. Burung cantik itu berkeliaran di dalam gerbong. Dan terbang ke gerbong berikutnya. Entah bagaimana banyak sekali penumpang karena terpana melihat cantiknya burung itu, mereka mengikuti burung itu. Dan tak sadar mereka semua sudah sampai gerbong paling belakang. Barulah para penumpang dikagetkan oleh bunyi tabrakan kereta dan goncangan besar. Gerbong terakhir tak terguling. Sepupu saya dan para penumpang lainnya di gerbong tersebut berusaha keluar dari kereta kemudian melihat kereta yang mereka naiki tabrakan dengan kereta yang berlawanan arah. Sepupu saya bersyukur, bila ia dan penumpang lainnya tidak mengikuti burung cantik itu, maka mereka bisa saja jadi korban. Tiga belas tahun kemudian, dalam sebuah kegiatan, saya berkenalan dengan seseorang baik. Usianya jauh di atas saya. Karena kami akrab maka saya menganggapnya sebagai paman saya sendiri. Entah bagaimana, tiba-tiba dalam sebuah percakapan antara saya dan paman baru saya ini, ia bercerita pernah diselamatkan oleh seekor burung. Saya bertanya, di mana dan kapan terjadinya. Ternyata, paman saya ini merupakan salah satu penumpang yang selamat dari tragedi Bintaro, karena mengikuti seekor burung cantik. Paman baru saya dan sepupu saya berada di gerbong yang sama, gerbong terakhir kereta dan mereka selamat.
• 27 Maret 2009 bencana runtuhnya waduk Situ Gintung di Tangerang, Banten. Situ Gintung merupakan waduk buatan sebagai penampungan air hujan dan pengairan sawah. Dibangun tahun 1932-1933, dengan luas 31 ha. Sejak 1970an, fungsi waduk berkembang menjadi tempat wisata alam dengan dibangunnya restoran, kolam renang dan tempat outbond. Lokasi tempat tinggal saya sangat jauh dari Situ Gintung, beda provinsi. Saya tinggal di Jakarta Timur. Seminggu sebelum bencana, seekor burung selalu muncul di malam hari dan bersiul-siul di area perumahan kami. Ia muncul terus di malam atau tengah malam selama satu minggu. Saya dan keluarga sangat heran. Berita apa lagi yang di bawa si burung pada kami. Salah satu tetangga kami juga menyadari kehadiran si burung, namun kami semua hanya menunggu akan terjadinya sesuatu. Kami mulai mengawasi berita di TV dan radio. Hingga seminggu kemudian pagi harinya sebelum kerja, berita mengejutkan muncul. Waduk Situ Gintung pukul 4 pagi runtuh dan melahap wilayah sekitarnya. Korban tewas sedikitnya 99 orang. Air waduk sebanyak 2,1 juta meter kubik jebol dari dinding waduk dan melibas apapun di bawahnya termasuk perumahan, pabrik makanan, sekolah dan bangunan-bangunan lain. Tak ada yang mengira waduk yang dikira kokoh, ternyata bisa jebol dan memakan banyak korban. Sejak itu, sepertinya pemerintah berusaha mengecek dan membenahi waduk-waduk lainnya agar bencana seperti ini tak terulang lagi.
• Gempa Tasikmalaya 2 September 2009. Seperti yang saya terangkan sebelumnya bahwa tempat tinggal saya di Jakarta Timur, berarti jauh sekali dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebulan sebelum bencana tanda-tanda alam sudah muncul. Salah satunya seekor burung yang datang di area perumahan kami. Ia datang tiap beberapa hari sekali, tidak tiap hari sekali. Bisa sore hari, malam dan tengah malam. Kami memperhatikan kehadiran si burung. Pasti ia sedang memberi tanda. Sampai dua minggu tak ada berita apapun di TV. Hal penting lain yang menjadi perhatian kami adalah awan gempa! Saya berkeliling Jawa Barat. Awan garis garis lurus vertikal maupun horizontal sudah ada beberapa bulan sebelumnya. Mendekati hari gempa, awan-awan ini semakin banyak muncul. Setiap muncul awan ini di hadapan saya, saya selalu mengambil gambarnya dengan kamera handphone.
• Ada hal lain yang juga mendapat perhatian saya. Hampir tiap keluarga di lingkungan tempat tinggal saya, anak kecil atau bayi mereka sakit. Entah demam atau flu. Saya menyelidiki lebih jauh pada teman-teman saya yang tinggal berbeda lokasi dan sangat jauh lokasinya dari saya. Ternyata hampir semua teman saya di Jawa dan Bali yang memiliki anak kecil atau bayi, anak-anak ini terkena demam (demam berdarah, tifus), flu atau batuk. Sangat heran akan hal ini, maka kami sekeluarga agak waspada. Mulai kami membicarakan dengan tetangga yang bisa paham dengan hal ini. Mereka juga yakin akan terjadi sesuatu dari beberapa tanda alam ini. Total 1 bulan sejak kehadiran awal si burung, barulah gempa bumi hebat terjadi di laut dekat Tasikmalaya (kota di atas gunung) dan getaran gempa dirasakan di seluruh pulau Jawa dan Bali. Gempa bersekala besar 7.2 SR ini memakan korban 60an tewas di Jawa Barat. Tercatat puluhan orang masih terkubur di bawah longsoran perbukitan di daerah Cianjur akibat getaran gempa yang cukup besar itu.
• Hal lain terjadi pada saudara saya. Kantornya berada di Bekasi, Jawa Barat. Sekitar 90 menit perjalanan dari Jakarta Timur. Sepuluh menit sebelum gempa Tasikmalaya, sepasang burung gereja masuk kantornya. Sepertinya burung-burung kecil itu kehilangan daya navigasi karena mereka menabrak-nabrak dinding dan kaca kantor. Bersama rekannya, saudara saya mengeluarkan kedua burung itu. Tak lama dari itu mereka merasakan guncangan gempa. Ternyata, gempa dapat mengakibatkan magnetic bumi bumi berubah dan membuat para burung kehilangan daya navigasi sehingga burung-burung itu terbang kehilangan arah.
Kebanyakan dari kita berpikir bagaimana mengetahui petunjuk hewan-hewan ini, sedangkan kita tak kenal bahasa mereka. Para burung, gajah, lumba-lumba dan hewan-hewan lain, memberi petunjuk pada kita dengan caranya masing-masing. Bahasa pasti tak sama, namun maksudnya dapat kita pahami. Hukum alam mengatakan : bila kita memperhatikan sesuatu hal, pasti hal tersebut akan balik memperhatikan kita. Maka bila kita mulai memperhatikan keberadaan hewan-hewan di sekitar kita, energi kita, perhatian kita, cinta kita, pada mereka akan mereka terima. Secara alamiah, mereka terkoneksi dengan kita. Maka siap-siaplah kita tuk mendapatkan sesuatu dari mereka, kapanpun mereka bisa datang bersama petunjuk-petunjuknya.
Belajar dari pengalaman-pengalaman di atas, kita patut menyadari bahwa sebagai manusia kita tak dapat memutuskan hubungan dengan alam. Tak cukup hanya berhubungan dengan sesama manusia. Manusia hanya bagian kecil dari alam. Hewan-hewan, tumbuhan, tanah, air, sungai, laut, awan, gunung-gunung semua bagian alam, bagian dari diri kita, rantai ekosistem yang penting, rantai keseimbangan kehidupan di bumi. Rasa saling peduli dan cinta dapat kita berikan pada semua bagian-bagian alam ini.
Hewan-hewan lebih dekat dengan alam daripada kebanyakan manusia. Alam merupakan tempat tinggal para hewan sejak awal mereka ada di bumi. Bahkan bila hewan dijadikan binatang peliharaan dan tinggal di rumah bersama-sama manusia, insting hewan tak berkurang. Mereka masih memiliki koneksi erat dengan alam.
Seperti yang sudah sering kita saksikan dan hadapi, banyak sekali bencana alam terjadi belakangan ini. Bahkan bisa lebih banyak lagi akibat kerusakan-kerusakan yang dibuat sendiri oleh manusia. Banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, badai, topan semuanya memakan banyak korban jiwa dan materi. Pengalaman membuktikan bahwa hewan-hewan dapat mendeteksi dini bencana alam dan membuat mereka selamat dari bencana. Kita sebagai manusia dapat memperhatikan hubungan erat antara hewan dengan alam yang nantinyapun akan dapat membantu kita mengurangi resiko dari bencana alam, termasuk kemungkinan menyelamatkan nyawa kita.
Disini saya akan membagikan berbagai pengalaman manusia (termasuk pengalaman pribadi) di berbagai wilayah yang selamat dari bencana alam dengan memperhatikan tanda atau petunjuk dari hewan-hewan pada kita manusia.
IKAN LELE & GEMPA
Di Jakarta dan berbagai kota metropolitan di dunia, rumah di atas tanah harganya jauh lebih mahal daripada tinggal di apartemen. Sehingga banyak sekali penduduk yang memilih tinggal di apartemen untuk efektivitas biaya. Apartemen yang dibangun bila kita amati perkembangannya semakin tinggi struktur bangunannya. Untuk keamanan dan kenyamanan para penghuni, manajemen apartemen biasanya mengadakan latihan evakuasi, baik dari kebakaran atau gempa. Ini hal yang cukup baik mengurangi resiko kecelakaan dan banyaknya korban. Bagi penghuni apartemen di lantai atas, evakuasi memakan waktu cukup lama.
Bagi para penghuni apartemen, hal lain yang dapat dimanfaatkan adalah dengan memelihara ikan lele. Sekelompok lele dipelihara dalam akuarium kaca atau kolam dalam apartemen. Lele memikiki sensitifitas tinggi terhadap pergerakan tanah termasuk gempa, bahkan walaupun lele diletakkan di lantai tinggi apartemen. Di Jepang, sangat disarankan bagi para penghuni partemen untuk memelihara ikan ini. Bila suatu getaran dalam tanah terjadi dan membentuk gempa, maka lele-lele peliharaan ini akan berkecipuk aktif dan mengibas-ibaskan air akuarium/kolam. Sebelum berita gempa muncul di TV atau radio, penghuni apartemen dapat bergegas melakukan evakuasi penyelamatan.
GAJAH & KRAKATAU
27 Agustus 1883 pulau gunung berapi Krakatau meletus. Gunung laut di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera ini meletus dasyat memberikan catatat terhebatnya di zaman modern. Lebih dari 36 ribu jiwa tewas baik langsung atau tidak langsung akibat letusannya.
Sebuah cerita kecil menarik perhatian para peneliti. Kota Lampung di Sumatra Bagian Selatan, yang bersebrangan dengan Krakatau. Seminggu sebelum meletus, terdapat sebuah sirkus di Lampung. Sirkus itu memiliki gajah kecil. Tiba-tiba saja gajah kecil itu meraung-raung berlarian kesana kemari dan susah dihentikan. Pawangnya dan orang-orang sirkus sangat kesulitan menghentikan kenakalan si gajah. Tak ada yang mengerti mengapa si gajah berlaku seperti itu. Lalu seminggu setelah itu Krakatau meletus. Sepertinya si gajah kecil sudah tahu terlebih dahulu akan letupan-letupan gunung dan sudah merasakan getaran-getarannya sebelum letusan hebatnya terjadi.
GAJAH & TSUNAMI
26th Desember 2004, gempa berskala besar terjadi di laut Aceh. Beberpa menit kemudian, gelombang tsunaminya melahap pantai-pantai Negara Asia Tenggara. Tak ada yang pernah menyangka akan kejadiaan ini sebelumnya. Layaknya kisah dalam kitab suci, banjir di zaman Nuh, tsunami ini menewaskan ratusan ribu orang dan kerugian material yang tak terhitung.
Satu pulau kecil di Thailand. Seorang gadis cilik berlibur bersama keluarganya. Sudah beberapa kali ia mengunjungi pulau itu. Setiap kunjungannya ia selalu menyempatkan berjalan-jalan dengan mengendarai gajah. Gajah yang ia kendarai juga selalu gajah yang sama. Pagi itu, bersama pawang gajah, gadis cilik menegendarai gajah di pinggir pantai. Sedang asiknya mereka menikmati pemandangan alam dan semilir angin pantai di atas punggung gajah, tiba-tiba saja si gajah berlari cepat, seperti ketakutan. Kontan si gadis menjerit. Si gajah tak mempedulikan dan terus berlari. Pawannyapun ikut mengejar gajahnya. Gajah berlari dan membawa si gadis cilik sampai sebuah bukit. Di atas bukit, si gadis cilik, pawang dan gajah menatap kaku. Ombak sangat besar melahap pantai tempat mereka jalan-jalan. Mereka sangat bersyukur dan tambah menyayangi si gajah. Bila gajah tak berlari, maka mereka bertiga pasti tewas menjadi korban tsunami.
ANJING & BADAI
Ini merupakan riset oleh seorang pengamat hewan peliharaan di Amerika. Perhatikan berita atau pengumuman kehilangan hewan di Koran. Rata-rata tiap hari hanya 5% pemilik kehilangan anjing peliharaan mereka. Bila tiba-tiba berita atau pengumuman kehilangan ini melonjak hingga 20-30%, dipastikan akan datang sebuah bencana alam dalam waktu satu hingga tiga hari ke depan. Sepertinya anjing-anjing itu sudah tahu sebelumnya, kemudian kabur dari pemiliknya untuk menyelamatkan diri.
LUMBA-LUMBA & TSUNAMI
Sekelompok turis tiba di sebuah pulau kecil di Thailand. Mereka menyewa satu perahu dan pelatih professional scuba
diving tuk berenang di perairan laut pulau tersebut. Mereka berangkat dini hari. Di atas kapal mereka baru saja bersiap-siap dengan peralatan renang mereka dan akan menyeburkan diri menyelam di laut. Namun, tiba-tiba sekelompok lumba-lumba datang ke perahu. Awalnya mereka senang melihat kehadiran lumba-lumba ini. Namun, para penyelam ini menyadari keanehan pada lumba-lumba. Sepertinya lumba-lumba teriak-teriak mengeluarkan suaranya dan loncat-loncat ingin diperhatikan. Salah satu penyelam menangkap tanda ini dan sepertinya lumba-lumba ingin diikuti ke arah mana mereka berenang. Mereka tak jadi menyelam tapi langsung mengarahkan kapal mengikuti lumba-lumba tersebut. Ternyata mereka menjauhi pantai menuju laut yang lebih jauh. Baru mereka sadari beberapa jam setelah itu mereka kembali ke pulau mereka menginap dan melihat pantai dan hotel-hotel telah habis oleh tsunami yang terjadi tahun 2006 itu.
CAPUNG & BANJIR
Perhatikan hewan ini di sekitar tempat tinggal kita, terutama jumlahnya. Biasanya capung terbang disekitar kita sedikit dan jarang. Agak berbeda bila tempat tinggal kita dekat dengan sungai atau danau, mereka sering terbang ke sekeliling rumah dan berkelompok. Bila tiba-tiba mereka terbang sekeliling area tempat tinggal kita dalam jumlah banyak atau sangat banyak, maka mereka menandakan air akan naik.
Bisa air laut naik atau air sungai meluap naik dan efeknya adalah : banjir.
BURUNG & PETUNJUK-PETUNJUK MEREKA
Burung-burung memberikan banyak tanda pada manusia. Mereka menjadi sahabat dan penyelamat manusia tak hanya dalam hal bencana alam skala besar, tapi juga mengenai hal-hal kecil dalam kehidupan. Saya memperhatikan kehadiran burung dan siulan mereka dalam keseharian. Menyadari bahwa burung-burung adalah penyelamat jiwa manusia dan pemberi petunjuk banyak hal, maka sebaiknya kita tak berburu dan membunuh burung. Kehadiran mereka di alam, termasuk di lingkungan tempat kita di perkotaan, menjadi alarm terbaik bagi kita manusia.
Tanda-tanda dari para burung :
• 19 Oktober 1987 tragedi Bintaro. Kecelakaan tragis antara dua kereta berlokasi di Bintaro. Tabrakan dua kereta ini menewaskan 130an orang. Sepupu saya berada di salah satu kereta tersebut. Ia selamat tanpa terluka sedikitpun. Dan sebuah kenangan yang tak akan ia lupakan, dituturkan pada siapapun yang bertanya padanya tentang kecelakaan kereta tersebut. Sebelum kecelakaan, sepupu saya berada di gerbong ketiga sebelum gerbong terakhir kereta. Keretannya meluncur dari Tanah Abang menuju Bintaro. Saat itu ia agak mengantuk. Tiba2 ia mendengar orang-orang berteriak, “Hai-hai, lihat! Burung bagus…cantik sekali”. Semua penumpang di gerbong menatap seekor burung cantik berwarna-warni yang entah dari mana ia datang. Burung cantik itu berkeliaran di dalam gerbong. Dan terbang ke gerbong berikutnya. Entah bagaimana banyak sekali penumpang karena terpana melihat cantiknya burung itu, mereka mengikuti burung itu. Dan tak sadar mereka semua sudah sampai gerbong paling belakang. Barulah para penumpang dikagetkan oleh bunyi tabrakan kereta dan goncangan besar. Gerbong terakhir tak terguling. Sepupu saya dan para penumpang lainnya di gerbong tersebut berusaha keluar dari kereta kemudian melihat kereta yang mereka naiki tabrakan dengan kereta yang berlawanan arah. Sepupu saya bersyukur, bila ia dan penumpang lainnya tidak mengikuti burung cantik itu, maka mereka bisa saja jadi korban. Tiga belas tahun kemudian, dalam sebuah kegiatan, saya berkenalan dengan seseorang baik. Usianya jauh di atas saya. Karena kami akrab maka saya menganggapnya sebagai paman saya sendiri. Entah bagaimana, tiba-tiba dalam sebuah percakapan antara saya dan paman baru saya ini, ia bercerita pernah diselamatkan oleh seekor burung. Saya bertanya, di mana dan kapan terjadinya. Ternyata, paman saya ini merupakan salah satu penumpang yang selamat dari tragedi Bintaro, karena mengikuti seekor burung cantik. Paman baru saya dan sepupu saya berada di gerbong yang sama, gerbong terakhir kereta dan mereka selamat.
• 27 Maret 2009 bencana runtuhnya waduk Situ Gintung di Tangerang, Banten. Situ Gintung merupakan waduk buatan sebagai penampungan air hujan dan pengairan sawah. Dibangun tahun 1932-1933, dengan luas 31 ha. Sejak 1970an, fungsi waduk berkembang menjadi tempat wisata alam dengan dibangunnya restoran, kolam renang dan tempat outbond. Lokasi tempat tinggal saya sangat jauh dari Situ Gintung, beda provinsi. Saya tinggal di Jakarta Timur. Seminggu sebelum bencana, seekor burung selalu muncul di malam hari dan bersiul-siul di area perumahan kami. Ia muncul terus di malam atau tengah malam selama satu minggu. Saya dan keluarga sangat heran. Berita apa lagi yang di bawa si burung pada kami. Salah satu tetangga kami juga menyadari kehadiran si burung, namun kami semua hanya menunggu akan terjadinya sesuatu. Kami mulai mengawasi berita di TV dan radio. Hingga seminggu kemudian pagi harinya sebelum kerja, berita mengejutkan muncul. Waduk Situ Gintung pukul 4 pagi runtuh dan melahap wilayah sekitarnya. Korban tewas sedikitnya 99 orang. Air waduk sebanyak 2,1 juta meter kubik jebol dari dinding waduk dan melibas apapun di bawahnya termasuk perumahan, pabrik makanan, sekolah dan bangunan-bangunan lain. Tak ada yang mengira waduk yang dikira kokoh, ternyata bisa jebol dan memakan banyak korban. Sejak itu, sepertinya pemerintah berusaha mengecek dan membenahi waduk-waduk lainnya agar bencana seperti ini tak terulang lagi.
• Gempa Tasikmalaya 2 September 2009. Seperti yang saya terangkan sebelumnya bahwa tempat tinggal saya di Jakarta Timur, berarti jauh sekali dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebulan sebelum bencana tanda-tanda alam sudah muncul. Salah satunya seekor burung yang datang di area perumahan kami. Ia datang tiap beberapa hari sekali, tidak tiap hari sekali. Bisa sore hari, malam dan tengah malam. Kami memperhatikan kehadiran si burung. Pasti ia sedang memberi tanda. Sampai dua minggu tak ada berita apapun di TV. Hal penting lain yang menjadi perhatian kami adalah awan gempa! Saya berkeliling Jawa Barat. Awan garis garis lurus vertikal maupun horizontal sudah ada beberapa bulan sebelumnya. Mendekati hari gempa, awan-awan ini semakin banyak muncul. Setiap muncul awan ini di hadapan saya, saya selalu mengambil gambarnya dengan kamera handphone.
• Ada hal lain yang juga mendapat perhatian saya. Hampir tiap keluarga di lingkungan tempat tinggal saya, anak kecil atau bayi mereka sakit. Entah demam atau flu. Saya menyelidiki lebih jauh pada teman-teman saya yang tinggal berbeda lokasi dan sangat jauh lokasinya dari saya. Ternyata hampir semua teman saya di Jawa dan Bali yang memiliki anak kecil atau bayi, anak-anak ini terkena demam (demam berdarah, tifus), flu atau batuk. Sangat heran akan hal ini, maka kami sekeluarga agak waspada. Mulai kami membicarakan dengan tetangga yang bisa paham dengan hal ini. Mereka juga yakin akan terjadi sesuatu dari beberapa tanda alam ini. Total 1 bulan sejak kehadiran awal si burung, barulah gempa bumi hebat terjadi di laut dekat Tasikmalaya (kota di atas gunung) dan getaran gempa dirasakan di seluruh pulau Jawa dan Bali. Gempa bersekala besar 7.2 SR ini memakan korban 60an tewas di Jawa Barat. Tercatat puluhan orang masih terkubur di bawah longsoran perbukitan di daerah Cianjur akibat getaran gempa yang cukup besar itu.
• Hal lain terjadi pada saudara saya. Kantornya berada di Bekasi, Jawa Barat. Sekitar 90 menit perjalanan dari Jakarta Timur. Sepuluh menit sebelum gempa Tasikmalaya, sepasang burung gereja masuk kantornya. Sepertinya burung-burung kecil itu kehilangan daya navigasi karena mereka menabrak-nabrak dinding dan kaca kantor. Bersama rekannya, saudara saya mengeluarkan kedua burung itu. Tak lama dari itu mereka merasakan guncangan gempa. Ternyata, gempa dapat mengakibatkan magnetic bumi bumi berubah dan membuat para burung kehilangan daya navigasi sehingga burung-burung itu terbang kehilangan arah.
Kebanyakan dari kita berpikir bagaimana mengetahui petunjuk hewan-hewan ini, sedangkan kita tak kenal bahasa mereka. Para burung, gajah, lumba-lumba dan hewan-hewan lain, memberi petunjuk pada kita dengan caranya masing-masing. Bahasa pasti tak sama, namun maksudnya dapat kita pahami. Hukum alam mengatakan : bila kita memperhatikan sesuatu hal, pasti hal tersebut akan balik memperhatikan kita. Maka bila kita mulai memperhatikan keberadaan hewan-hewan di sekitar kita, energi kita, perhatian kita, cinta kita, pada mereka akan mereka terima. Secara alamiah, mereka terkoneksi dengan kita. Maka siap-siaplah kita tuk mendapatkan sesuatu dari mereka, kapanpun mereka bisa datang bersama petunjuk-petunjuknya.
Belajar dari pengalaman-pengalaman di atas, kita patut menyadari bahwa sebagai manusia kita tak dapat memutuskan hubungan dengan alam. Tak cukup hanya berhubungan dengan sesama manusia. Manusia hanya bagian kecil dari alam. Hewan-hewan, tumbuhan, tanah, air, sungai, laut, awan, gunung-gunung semua bagian alam, bagian dari diri kita, rantai ekosistem yang penting, rantai keseimbangan kehidupan di bumi. Rasa saling peduli dan cinta dapat kita berikan pada semua bagian-bagian alam ini.
Jumat, 29 Oktober 2010
Dunia Si Kecil
Dunia Si Kecil
Category : Toddler
Saya copy paste dari : http://www.bettermomtoday.com/moms_journal/dunia-si-kecil
Menurut Mommy seputar apakah dunia si kecil? Sebenarnya dunia si kecil adalah dunia yang penuh dengan permainan yang menyenangkan. Banyak orang tua di Amerika, menanyakan kepada child care kenapa anak-anak balita mereka Cuma tahu bermain-main saja, dan tidak belajar tentang hal yang serius? Banyak orang tua menginginkan melihat anak mereka cepat pandai, duduk diam dan belajar dengan serius, daripada harus menemani anaknya bermain-main.
Pada dasarnya permainan adalah dunia si kecil. Biarkan si kecil menikmati mas kecilnya yang tak akan terulang dua kali di dalam hidupnya. Namun, pada dasarnya melalui permainanlah si kecil banyak belajar dan mengenal hal-hal yang baru. Contohnya : membuat si kecil duduk manis, dan kemudian mendiktenya huruf ABC akan menjadi suatu hal yang sulit karena dia ingin bergerak terus dan bermain, akan lebih baik kalau Mommy menggunakan puzzle lucu dengan bentuk huruf ABC. Si kecil akan dengan senang hati belajar tanpa harus kehilangan keriangannya dan merasa tetap gembira.
Tapi memang diperlukan kepekaan Mommy untuk membimbing si kecil. Lihatlah apa yang dia sukai, ada anak yang memang suka untuk duduk manis dan belajar sesuatu. Namun sebagian besar anak balita akan selalu bergerak aktif dan hanya diam saat mereka sudah lelah. Dan di saat lelah, bukan saat yang tepat untuk memaksa dia kembali belajar. Kreatiflah dalam mendidik si kecil, namun hindari pemaksaan yang buat si kecil stres.
Bermain adalah cara alami seorang anak belajar tentang dunianya, dan sama pentingnya dengan aktifitas lain seperti makan atau tidur untuk pertumbuhannya secara keseluruhan. Berbagai jenis permainan menstimulasi perkembangan otak anak di masa-masa emas pertumbuhan mereka tanpa paksaan. Bermain juga sebagai sarana awal meletakkan fondasi untuk perkembangan belajarnya di kemudian hari. Dunia si kecil yang seakan-akan hanya penuh dengan permainan saja, bukanlah sesuatu hal yang sia-sia. Dari situlah si kecil akan belajar banyak hal yang terkadang kita orang dewasa tidak menyadarinya dan menganggapnya remeh.
Seperti permainan blok, merangsang otak si kecil untuk mengerti konsep bentuk, ukuran, panjang, dan juga lokasi. Dengan permainan seni seperti menggambar mereka akan belajar tentang warna, padu padan warna, dan bagaimana menuangkan apa yang ada di pikiran mereka ke dalam bentuk nyata. Dan tentunya merangsang imaginasi dan kreatifitas mereka. Permainan alam di sekitar rumah akan membuat si kecil mulai belajar konsep sains dan berbagai bentuk yang ada di alam. Belajar tentang warna daun, pepohonan, awan, serta belajar banyak hal baru baik dengan meraba, melihat, mencium bau-bauan. Jadi, janganlah takut jika si kecil terus bermain, karena itulah caranya menikmati hidup di dunianya masih sangat terbatas. Temani saja, dan sisipkan hal-hal yang mendidik di dalamnya.
Category : Toddler
Saya copy paste dari : http://www.bettermomtoday.com/moms_journal/dunia-si-kecil
Menurut Mommy seputar apakah dunia si kecil? Sebenarnya dunia si kecil adalah dunia yang penuh dengan permainan yang menyenangkan. Banyak orang tua di Amerika, menanyakan kepada child care kenapa anak-anak balita mereka Cuma tahu bermain-main saja, dan tidak belajar tentang hal yang serius? Banyak orang tua menginginkan melihat anak mereka cepat pandai, duduk diam dan belajar dengan serius, daripada harus menemani anaknya bermain-main.
Pada dasarnya permainan adalah dunia si kecil. Biarkan si kecil menikmati mas kecilnya yang tak akan terulang dua kali di dalam hidupnya. Namun, pada dasarnya melalui permainanlah si kecil banyak belajar dan mengenal hal-hal yang baru. Contohnya : membuat si kecil duduk manis, dan kemudian mendiktenya huruf ABC akan menjadi suatu hal yang sulit karena dia ingin bergerak terus dan bermain, akan lebih baik kalau Mommy menggunakan puzzle lucu dengan bentuk huruf ABC. Si kecil akan dengan senang hati belajar tanpa harus kehilangan keriangannya dan merasa tetap gembira.
Tapi memang diperlukan kepekaan Mommy untuk membimbing si kecil. Lihatlah apa yang dia sukai, ada anak yang memang suka untuk duduk manis dan belajar sesuatu. Namun sebagian besar anak balita akan selalu bergerak aktif dan hanya diam saat mereka sudah lelah. Dan di saat lelah, bukan saat yang tepat untuk memaksa dia kembali belajar. Kreatiflah dalam mendidik si kecil, namun hindari pemaksaan yang buat si kecil stres.
Bermain adalah cara alami seorang anak belajar tentang dunianya, dan sama pentingnya dengan aktifitas lain seperti makan atau tidur untuk pertumbuhannya secara keseluruhan. Berbagai jenis permainan menstimulasi perkembangan otak anak di masa-masa emas pertumbuhan mereka tanpa paksaan. Bermain juga sebagai sarana awal meletakkan fondasi untuk perkembangan belajarnya di kemudian hari. Dunia si kecil yang seakan-akan hanya penuh dengan permainan saja, bukanlah sesuatu hal yang sia-sia. Dari situlah si kecil akan belajar banyak hal yang terkadang kita orang dewasa tidak menyadarinya dan menganggapnya remeh.
Seperti permainan blok, merangsang otak si kecil untuk mengerti konsep bentuk, ukuran, panjang, dan juga lokasi. Dengan permainan seni seperti menggambar mereka akan belajar tentang warna, padu padan warna, dan bagaimana menuangkan apa yang ada di pikiran mereka ke dalam bentuk nyata. Dan tentunya merangsang imaginasi dan kreatifitas mereka. Permainan alam di sekitar rumah akan membuat si kecil mulai belajar konsep sains dan berbagai bentuk yang ada di alam. Belajar tentang warna daun, pepohonan, awan, serta belajar banyak hal baru baik dengan meraba, melihat, mencium bau-bauan. Jadi, janganlah takut jika si kecil terus bermain, karena itulah caranya menikmati hidup di dunianya masih sangat terbatas. Temani saja, dan sisipkan hal-hal yang mendidik di dalamnya.
Berpikir Diluar Kotak. Mengapa dan Bagaimana?
Seberapa sering Anda mendengar tentang “berpikir di luar kotak (thinking out of the box)”? Mungkin, sangat sering. Dan seberapa sering Anda bertanya-tanya apa kotak berkaitan dengan ini? Mungkin, tidak pernah!
Ya, mungkin istilah “di luar kotak” berasal dari teka-teki terkenal yang dibuat pada awal abad ke-20 oleh matematikawan Inggris Ernest Henry Dudeney. Istilah lain dalam konteks ini adalah ‘berpikir lateral’, yang diciptakan oleh Edward de Bono. Ini merujuk kepada gaya pemecahan masalah yang melihat situasi dari sudut tak terduga. Banyak kali, masalah tampaknya tidak bisa diselesaikan hanya karena asumsi kita tentang hal itu adalah salah. Menariknya, Edward de Bono berkata “Anda tidak dapat menggali lubang di tempat yang berbeda dengan menggali lebih dalam lubang yang sama.” Ini berarti bahwa berusaha lebih keras dalam arah yang sama mungkin tidak berguna tanpa mengubah arah. Artinya, upaya lebih lanjut dengan menggunakan pendekatan yang sama tidak selalu berhasil. Berpikir Lateral adalah tentang mengubah persepsi dan karenanya perlu latihan.
Berikut adalah beberapa contoh “berpikir di dalam kotak”. Lord Kelvin, pada tahun 1895 berpendapat bahwa “Mesin lebih berat daripada udara itu mustahil bisa terbang.” Pada tahun 1899, Charles H. Duell, berkata: “Segala sesuatu yang dapat diciptakan telah diciptakan.” Meskipun kami tidak tahu ada pesawat yang lebih ringan daripada udara, hari ini – 110 tahun kemudian – kami juga percaya bahwa banyak penemuan yang masih akan datang. Ini adalah cara berpikir tidak progresif “berpikir di dalam kotak” artinya semuanya dibiarkan begitu saja tanpa adanya upaya untuk mengubahnya.
Kemajuan dalam bidang apapun memerlukan berpikir “di luar kotak”, berarti berpikir unik, berpikir di luar dari yang terlihat, di luar dari kejelasan. Dalam kehidupan nyata, kadang-kadang mungkin benar-benar membingungkan karena orang diajarkan oleh orang tua mereka berpikir sama dengan cara mereka berpikir. Dan bahkan orang-orang yang sangat kreatif bisa mengubah pemikiran mereka menjadi “berpikir di-dalam-kotak” ketika mereka berhenti berusaha. Penolakan, apatis atau bahkan ketidakpedulian dapat mengubah sebuah inovator menjadi “pemikir di dalam kotak”.
Untuk meningkatkan dan mengasah “berpikir di luar kotak”, berikut ada beberapa tips praktis:
* Jadilah pengambil perspektif baru untuk rutinitas sehari-hari. Biasakan berhenti berpikir tentang apa yang teratur dan jelas.
* Fokus pada nilai penemuan ide-ide baru dan bekerja pada ide tersebut. Ide-ide baru mungkin tidak membangkitkan antusiasme apapun dalam diri kecuali Anda melihat dari sudut nilai tambah.
* Berikan kebebasan untuk otak kanan Anda. Biarkan mengaliri ide-ide baru, mungkin betapapun bodoh ide terlihat. Anda akan memiliki cukup waktu kemudian untuk menyaring dan melihat apakah ide itu praktis atau masuk akal.
* Dengarkan orang lain, terbuka dan menerima. Beri dukungan dan hormati ide-ide mereka. Mereka tidak hanya memberi anda ide-ide baru, tetapi selalu dapat membawa saran untuk meningkatkan ide-ide anda lebih lanjut.
* Jadilah cukup bersemangat untuk mengejar kesimpulan dari sebuah ide daripada membuat upaya setengah hati. Banyak ide-ide baru dapat terbunuh sejak dini.
Secara bertahap anda akan menemukan bahwa berpikir di luar kotak akan menjadi kebiasaan untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk menemukan ide dan perspektif baru.
Ya, mungkin istilah “di luar kotak” berasal dari teka-teki terkenal yang dibuat pada awal abad ke-20 oleh matematikawan Inggris Ernest Henry Dudeney. Istilah lain dalam konteks ini adalah ‘berpikir lateral’, yang diciptakan oleh Edward de Bono. Ini merujuk kepada gaya pemecahan masalah yang melihat situasi dari sudut tak terduga. Banyak kali, masalah tampaknya tidak bisa diselesaikan hanya karena asumsi kita tentang hal itu adalah salah. Menariknya, Edward de Bono berkata “Anda tidak dapat menggali lubang di tempat yang berbeda dengan menggali lebih dalam lubang yang sama.” Ini berarti bahwa berusaha lebih keras dalam arah yang sama mungkin tidak berguna tanpa mengubah arah. Artinya, upaya lebih lanjut dengan menggunakan pendekatan yang sama tidak selalu berhasil. Berpikir Lateral adalah tentang mengubah persepsi dan karenanya perlu latihan.
Berikut adalah beberapa contoh “berpikir di dalam kotak”. Lord Kelvin, pada tahun 1895 berpendapat bahwa “Mesin lebih berat daripada udara itu mustahil bisa terbang.” Pada tahun 1899, Charles H. Duell, berkata: “Segala sesuatu yang dapat diciptakan telah diciptakan.” Meskipun kami tidak tahu ada pesawat yang lebih ringan daripada udara, hari ini – 110 tahun kemudian – kami juga percaya bahwa banyak penemuan yang masih akan datang. Ini adalah cara berpikir tidak progresif “berpikir di dalam kotak” artinya semuanya dibiarkan begitu saja tanpa adanya upaya untuk mengubahnya.
Kemajuan dalam bidang apapun memerlukan berpikir “di luar kotak”, berarti berpikir unik, berpikir di luar dari yang terlihat, di luar dari kejelasan. Dalam kehidupan nyata, kadang-kadang mungkin benar-benar membingungkan karena orang diajarkan oleh orang tua mereka berpikir sama dengan cara mereka berpikir. Dan bahkan orang-orang yang sangat kreatif bisa mengubah pemikiran mereka menjadi “berpikir di-dalam-kotak” ketika mereka berhenti berusaha. Penolakan, apatis atau bahkan ketidakpedulian dapat mengubah sebuah inovator menjadi “pemikir di dalam kotak”.
Untuk meningkatkan dan mengasah “berpikir di luar kotak”, berikut ada beberapa tips praktis:
* Jadilah pengambil perspektif baru untuk rutinitas sehari-hari. Biasakan berhenti berpikir tentang apa yang teratur dan jelas.
* Fokus pada nilai penemuan ide-ide baru dan bekerja pada ide tersebut. Ide-ide baru mungkin tidak membangkitkan antusiasme apapun dalam diri kecuali Anda melihat dari sudut nilai tambah.
* Berikan kebebasan untuk otak kanan Anda. Biarkan mengaliri ide-ide baru, mungkin betapapun bodoh ide terlihat. Anda akan memiliki cukup waktu kemudian untuk menyaring dan melihat apakah ide itu praktis atau masuk akal.
* Dengarkan orang lain, terbuka dan menerima. Beri dukungan dan hormati ide-ide mereka. Mereka tidak hanya memberi anda ide-ide baru, tetapi selalu dapat membawa saran untuk meningkatkan ide-ide anda lebih lanjut.
* Jadilah cukup bersemangat untuk mengejar kesimpulan dari sebuah ide daripada membuat upaya setengah hati. Banyak ide-ide baru dapat terbunuh sejak dini.
Secara bertahap anda akan menemukan bahwa berpikir di luar kotak akan menjadi kebiasaan untuk meningkatkan kepercayaan diri untuk menemukan ide dan perspektif baru.
Kamis, 28 Oktober 2010
salah satu bukti "Konspirasi" CODEX ALIMENTARIUS : KANDUNGAN MELAMIN DALAM SUSU BUBUK
Saya copy paste dari :http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1673333476533&set=a.1591408908470.2088067.1333315146&ref=nf#!/notes/biru-hati-syaheed/salah-satu-bukti-konspirasi-codex-alimentarius-kandungan-melamin-dalam-susu-bubu/448742431810
KANDUNGAN MAKSIMUM MELAMIN DALAM SUSU BUBUK 1 MG/KG
Jumlah maksimum melamin yang diperbolehkan dalam susu bubuk untuk bayi adalah 1 mg/kg dan jumlah maksimum bahan kimia yang diperbolehkan untuk makanan lain dan makanan binatang adalah 2,5 mg/kg, berdasarkan peraturan baru dari Komisi Standarisasi Makanan PBB, Codex Alimentarius Commission, demikian siaran pers World Health Organitation (WHO) 6 Juli 2010.
Melamin adalah bahan kimia yang digunakan dalam berbagai macam proses pengolahan termasuk pabrik plastik untuk peralatan makan dan peralatan dapur, pelapis kaleng – dan sisa-sisanya tercampur bersama makanan tanpa menyebabkan gangguan kesehatan, namun berbahaya dalam jumlah banyak.
“Penentuan tingkat maksimum ini membantu pemerintah membedakan antara tingkat rendah melamin yang tidak menyebabkan masalah kesehatan, dan menghindari pemalsuan yang disengaja - untuk melindungi kesehatan masyarakat tanpa menghambat perdagangan internasional” kata Martijn Weijtens, Ketua Komite Codex. Walaupun tidak mengikat secara hukum, batasan baru ini memungkinkan negara untuk menolak izin impor produk dengan level melamin yang berlebihan.
Sidang Komisi Standarisasi Makanan dihadiri 500 delegasi dari 130 negara. Keputusan lain yang diambil yaitu : Ukuran sehat untuk sayuran dan makanan laut yang sehat, segar dan amanSayuran segar dan berdaun merupakan bagian dari diet sehat dan tumbuh dalam kondisi yang beragam yang dipasarkan ditingkat lokal maupun global untuk memberikan ketersediaan konsumen sepanjang tahun. Produk ini bergerak dari peternakan ke meja, yang dapat terkontaminasi oleh patogen seperti salmonella, e. coli, dan virus hepatitis A.
Sidang ini juga menghasilkan panduan spesifik untuk produksi, panen, pengepakan, pengolahan, penyimpanan, distribusi, pemasaran dan pendidikan konsumen untuk mengurangi risiko keamanan pangan yang berkaitan dengan produk ini. Panduan lain meliputi aspek seperti pengendalian air irigasi, pendinginan, penyimpanan dan cara mencuci tangan yang benar oleh konsumen.
Komisi ini juga memberikan saran spesifik tentang cara mengontrol bakteri dalam makanan laut. Dalam beberapa tahun terakhir, dilaporkan telah terjadi peningkatan wabah penyakit bawaan makanan yang disebabkan oleh bakteri yang disebut spesies Vibrio, yang biasanya dikaitkan dengan konsumsi makanan laut, terutama tiram yang sering dimakan mentah. Peraturan baru dari Komisi ini akan membantu meminimalkan risiko.
AflatoksinTingkat maksimum 10 mikrogram / kg khusus untuk aflatoksin dalam kacang Brasil (dikupas dan siap dimakan) dan 15 mikrogram / kg untuk kacang Brasil yang dikupas (dimaksudkan untuk diproses lebih lanjut), Komisi ini juga mengadopsi kode praktis untuk mencegah kontaminasi alfatoksin . Aflatoksin adalah jamur karsinogenik yang dapat mencemari jagung, kacang tanah dan tanaman pangan lainnya seperti kacang-kacangan dalam kondisi tertentu.
Metode baru untuk menentukan kadar makananMetode yang digunakan untuk analisa dan sampling merupakan dasar untuk kontrol dan pemeriksaan terhadap makanan. Pedoman baru yang diadopsi oleh Komisi ini memungkinkan untuk menjalankan tes untuk menentukan apakah makanan yang berasal dari bioteknologi modern, untuk mengotentikasi variasi makanan seperti spesies ikan dan untuk mendeteksi adanya alergen .
Persetujuan tentang pedoman ini menandai sebuah konsensus internasional penting di bidang bioteknologi di mana Komisi ini telah mengembangkan beberapa pedoman yang berkaitan dengan penilaian keamanan pangan untuk makanan yang berasal dari bioteknologi modern.
Codex Alimentarius Commission, dijalankan bersama oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) dan WHO selama 47 tahun, menetapkan standar makanan internasional untuk melindungi kesehatan konsumen dan memastikan praktek yang adil dalam perdagangan makanan. Hasil pekerjaan Komisi itu bernama Codex Alimentarius (Latin untuk "kode makanan"), satu set standar internasional keamanan pangan berkualitas. Standar-standar ini, ketika diperkenalkan dalam undang-undang nasional, memberikan kontribusi bagi keamanan makanan dan perdagangan pangan internasional.
The Codex Alimentarius adalah contoh kerja sama antar-lembaga yang paling lama berdiri dalam sistem PBB. Lembaga ini memiliki anggota 182 negara dan satu organisasi anggota, Uni Eropa.
Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faks: 52921669, Call Center: 021-500567, 30413700, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id, info@depkes.go.id, kontak@depkes.go.id
(http://www.depkes.go.id/index.php/berita/press-release/1177-kandungan-maksimum-melamin-dalam-susu-bubuk-1-mgkg.html)
Adalah Codex Alimentarius, yaitu sebuah program dari puluhan atau bahkan ratusan program yang terdapat dalam agenda 21 Zionisme, atau yang biasa dikenal sebagai “New World Order” atau “Tatanan Dunia baru” dibawah penguasaan Zionisme Yahudi Internasional. Program ini adalah salah satu alat untuk tercapainya program Zionisme yang lebih besar lagi, yaitu mengurangi jumlah penduduk dunia secara besar-besaran.
Codex Alimentarius adalah program PBB (dalam hal ini dikerjakan oleh FAO dan WHO) yang dicanangkan sejak tahun 1963 dan intensif dikerjakan di awal abad 21 ini. Tujuan Codex Alimentarius adalah membuat standar pangan bagi seluruh dunia.
Hmmm… terlihat biasa saja ya sepertinya, terlebih itu dikerjakan oleh PBB yang kita taunya bekerja demi perdamaian dunia. Padahal PBB dan WHO sendiri didirikan oleh keluarga milyuner Rockefeller, yaitu salah satu tokoh Zionisme Yahudi yang paling berpengaruh di dunia saat ini.
Apa saja rancangan dalam Codex Alimentarius?
1. Mengendalikan nutrisi dalam makanan
2. Mengatur penggunaan bahan kimiawi dalam makanan
3. Mengatur pestisida yang digunakan untuk pertanian
4. Membuat standar prosedur baru dalam sistem keamanan dan kebersihan makanan
5. Mengatur bio-teknologi pangan (dalam hal ini rekayasa genetika sumber pangan)
6. Membuat standar prosedur penelitian makanan
7. dll.
KANDUNGAN MAKSIMUM MELAMIN DALAM SUSU BUBUK 1 MG/KG
Jumlah maksimum melamin yang diperbolehkan dalam susu bubuk untuk bayi adalah 1 mg/kg dan jumlah maksimum bahan kimia yang diperbolehkan untuk makanan lain dan makanan binatang adalah 2,5 mg/kg, berdasarkan peraturan baru dari Komisi Standarisasi Makanan PBB, Codex Alimentarius Commission, demikian siaran pers World Health Organitation (WHO) 6 Juli 2010.
Melamin adalah bahan kimia yang digunakan dalam berbagai macam proses pengolahan termasuk pabrik plastik untuk peralatan makan dan peralatan dapur, pelapis kaleng – dan sisa-sisanya tercampur bersama makanan tanpa menyebabkan gangguan kesehatan, namun berbahaya dalam jumlah banyak.
“Penentuan tingkat maksimum ini membantu pemerintah membedakan antara tingkat rendah melamin yang tidak menyebabkan masalah kesehatan, dan menghindari pemalsuan yang disengaja - untuk melindungi kesehatan masyarakat tanpa menghambat perdagangan internasional” kata Martijn Weijtens, Ketua Komite Codex. Walaupun tidak mengikat secara hukum, batasan baru ini memungkinkan negara untuk menolak izin impor produk dengan level melamin yang berlebihan.
Sidang Komisi Standarisasi Makanan dihadiri 500 delegasi dari 130 negara. Keputusan lain yang diambil yaitu : Ukuran sehat untuk sayuran dan makanan laut yang sehat, segar dan amanSayuran segar dan berdaun merupakan bagian dari diet sehat dan tumbuh dalam kondisi yang beragam yang dipasarkan ditingkat lokal maupun global untuk memberikan ketersediaan konsumen sepanjang tahun. Produk ini bergerak dari peternakan ke meja, yang dapat terkontaminasi oleh patogen seperti salmonella, e. coli, dan virus hepatitis A.
Sidang ini juga menghasilkan panduan spesifik untuk produksi, panen, pengepakan, pengolahan, penyimpanan, distribusi, pemasaran dan pendidikan konsumen untuk mengurangi risiko keamanan pangan yang berkaitan dengan produk ini. Panduan lain meliputi aspek seperti pengendalian air irigasi, pendinginan, penyimpanan dan cara mencuci tangan yang benar oleh konsumen.
Komisi ini juga memberikan saran spesifik tentang cara mengontrol bakteri dalam makanan laut. Dalam beberapa tahun terakhir, dilaporkan telah terjadi peningkatan wabah penyakit bawaan makanan yang disebabkan oleh bakteri yang disebut spesies Vibrio, yang biasanya dikaitkan dengan konsumsi makanan laut, terutama tiram yang sering dimakan mentah. Peraturan baru dari Komisi ini akan membantu meminimalkan risiko.
AflatoksinTingkat maksimum 10 mikrogram / kg khusus untuk aflatoksin dalam kacang Brasil (dikupas dan siap dimakan) dan 15 mikrogram / kg untuk kacang Brasil yang dikupas (dimaksudkan untuk diproses lebih lanjut), Komisi ini juga mengadopsi kode praktis untuk mencegah kontaminasi alfatoksin . Aflatoksin adalah jamur karsinogenik yang dapat mencemari jagung, kacang tanah dan tanaman pangan lainnya seperti kacang-kacangan dalam kondisi tertentu.
Metode baru untuk menentukan kadar makananMetode yang digunakan untuk analisa dan sampling merupakan dasar untuk kontrol dan pemeriksaan terhadap makanan. Pedoman baru yang diadopsi oleh Komisi ini memungkinkan untuk menjalankan tes untuk menentukan apakah makanan yang berasal dari bioteknologi modern, untuk mengotentikasi variasi makanan seperti spesies ikan dan untuk mendeteksi adanya alergen .
Persetujuan tentang pedoman ini menandai sebuah konsensus internasional penting di bidang bioteknologi di mana Komisi ini telah mengembangkan beberapa pedoman yang berkaitan dengan penilaian keamanan pangan untuk makanan yang berasal dari bioteknologi modern.
Codex Alimentarius Commission, dijalankan bersama oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) dan WHO selama 47 tahun, menetapkan standar makanan internasional untuk melindungi kesehatan konsumen dan memastikan praktek yang adil dalam perdagangan makanan. Hasil pekerjaan Komisi itu bernama Codex Alimentarius (Latin untuk "kode makanan"), satu set standar internasional keamanan pangan berkualitas. Standar-standar ini, ketika diperkenalkan dalam undang-undang nasional, memberikan kontribusi bagi keamanan makanan dan perdagangan pangan internasional.
The Codex Alimentarius adalah contoh kerja sama antar-lembaga yang paling lama berdiri dalam sistem PBB. Lembaga ini memiliki anggota 182 negara dan satu organisasi anggota, Uni Eropa.
Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faks: 52921669, Call Center: 021-500567, 30413700, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id, info@depkes.go.id, kontak@depkes.go.id
(http://www.depkes.go.id/index.php/berita/press-release/1177-kandungan-maksimum-melamin-dalam-susu-bubuk-1-mgkg.html)
Adalah Codex Alimentarius, yaitu sebuah program dari puluhan atau bahkan ratusan program yang terdapat dalam agenda 21 Zionisme, atau yang biasa dikenal sebagai “New World Order” atau “Tatanan Dunia baru” dibawah penguasaan Zionisme Yahudi Internasional. Program ini adalah salah satu alat untuk tercapainya program Zionisme yang lebih besar lagi, yaitu mengurangi jumlah penduduk dunia secara besar-besaran.
Codex Alimentarius adalah program PBB (dalam hal ini dikerjakan oleh FAO dan WHO) yang dicanangkan sejak tahun 1963 dan intensif dikerjakan di awal abad 21 ini. Tujuan Codex Alimentarius adalah membuat standar pangan bagi seluruh dunia.
Hmmm… terlihat biasa saja ya sepertinya, terlebih itu dikerjakan oleh PBB yang kita taunya bekerja demi perdamaian dunia. Padahal PBB dan WHO sendiri didirikan oleh keluarga milyuner Rockefeller, yaitu salah satu tokoh Zionisme Yahudi yang paling berpengaruh di dunia saat ini.
Apa saja rancangan dalam Codex Alimentarius?
1. Mengendalikan nutrisi dalam makanan
2. Mengatur penggunaan bahan kimiawi dalam makanan
3. Mengatur pestisida yang digunakan untuk pertanian
4. Membuat standar prosedur baru dalam sistem keamanan dan kebersihan makanan
5. Mengatur bio-teknologi pangan (dalam hal ini rekayasa genetika sumber pangan)
6. Membuat standar prosedur penelitian makanan
7. dll.
Langganan:
Postingan (Atom)